Selasa, 15 Februari 2011

Kaltim Miliki 4 Pulau Terluar

Provinsi Kaltim merupakan salah satu daerah strategis dan patut mendapatkan perhatian ekstra. Karena provinsi memiliki luas 1,5 kali luas Pulau Jawa dan Madura ini terdapat 4 pulau terluar dari 92 pulau terluar di Indonesia berhadapan langsung dengan Malaysia. Keempat pulau terluar itu yakni Pulau Sebatik dan Pulau Gosong Makassar di Nunukan serta Pulau Maratua dan Pulau Sambit di Berau. Demikian diungkapkan Kabag Penataan Wilayah Biro Perbatasan, Penataan Wilayah dan Kerjasama (Tastawima) Setprov Kaltim H Hamdani kepada Koran Kaltim siang kemarin.


“Hanya 4 pulau terluar di Kaltim berada di Nunukan dan Berau. Keempat pulau ter-sebut telah memiliki nama dan menjadi pulau terluar karena berhadapan lang-sung negara tetangga Malaysia,” ujar Hamdani.

Mengenai jumlah pulau tersebar di ka-bupaten dan kota di Kaltim berhasil ter-identifikasi dan verifikasi tim pemerintah pusat dilakukan pada 2008 sebanyak 378 pulau. Adapun persebaran pulau itu di an-taranya di Bulungan, Berau, Kutai Timur, Paser, Kutai Kartanegara, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Nunukan, Tana Tidung, Kutai Barat dan Tarakan.

“Dari 378 pulau di sejumlah daerah di Kaltim ini sebagian besar tak berpenghuni dan didominasi kawasan daratan berupa delta dan hutan. Namun sebagian kecilnya saja dari jumlah pulau tersebut di-huni masyarakat setempat menjadi kawasan tambak,” jelasnya.

Ia mengaku sebagian besar pulau telah memiliki nama dan sebagian kecilnya saja belum dinamai. Karena proses identifikasi penamaan itu sedang dilakukan dan ditargetkan rampung tahun ini.
“Dari 378 pulau di Kaltim masih terdapat beberapa pulau belum bernama. Penetapan pulau ini tak melihat lokasi dan posisi seperti Pulau Kumala di Kukar berada di Sungai Mahakam. Namun tetap teridentifikasi dalam pulau di Kaltim,” tambahnya. (ca)

Sumber :
http://www.korankaltim.co.id/read/news/2011/3864/kaltim-miliki-4-pulau-terluar.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar